UPDATE! Jenis Iklan Teks / Link AdSense Resmi Dihilangkan

3 min read

UPDATE! Jenis Iklan Teks / Link AdSense Resmi Dihilangkan

Pendahuluan

Google AdSense, platform periklanan online raksasa, baru-baru ini mengumumkan perubahan besar pada jenis iklan yang tersedia. Jenis iklan teks / link, yang telah menjadi andalan AdSense selama bertahun-tahun, akan resmi dihilangkan pada 10 Juni 2023. Perubahan ini akan berdampak signifikan pada penerbit dan pengiklan yang menggunakan platform AdSense.

Apa itu Iklan Teks / Link?

Iklan teks / link adalah jenis iklan yang terdiri dari judul, deskripsi singkat, dan tautan ke situs web pengiklan. Iklan ini biasanya muncul di halaman web atau aplikasi seluler, dan pengguna dapat mengkliknya untuk mengunjungi situs web pengiklan.

Alasan Penghapusan

Google menyatakan bahwa penghapusan iklan teks / link adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan iklan yang lebih relevan dan menarik. Perusahaan percaya bahwa jenis iklan lain, seperti iklan gambar, iklan video, dan iklan responsif, lebih efektif dalam menarik perhatian pengguna dan mendorong konversi.

Dampak pada Penerbit

Penghapusan iklan teks / link akan berdampak pada penerbit yang mengandalkan jenis iklan ini untuk menghasilkan pendapatan. Penerbit perlu menyesuaikan strategi monetisasi mereka dan mengeksplorasi jenis iklan lain yang tersedia di AdSense.

Dampak pada Pengiklan

Pengiklan yang menggunakan iklan teks / link untuk menjangkau audiens target mereka juga akan terpengaruh. Mereka perlu mencari alternatif untuk jenis iklan ini, seperti iklan gambar atau iklan video.

Jenis Iklan Alternatif

Google AdSense menawarkan berbagai jenis iklan alternatif yang dapat digunakan oleh penerbit dan pengiklan, antara lain:

  • Iklan Gambar: Iklan yang terdiri dari gambar statis atau animasi.
  • Iklan Video: Iklan yang terdiri dari video yang diputar otomatis atau diputar saat diklik.
  • Iklan Responsif: Iklan yang secara otomatis menyesuaikan ukuran dan formatnya agar sesuai dengan ruang iklan yang tersedia.
  • Iklan In-Feed: Iklan yang muncul dalam umpan konten, seperti artikel atau postingan media sosial.
  • Iklan Anchor: Iklan yang menempel di bagian bawah halaman web saat pengguna menggulir.

Tips untuk Penerbit

Untuk meminimalkan dampak penghapusan iklan teks / link, penerbit dapat melakukan hal berikut:

  • Diversifikasi sumber pendapatan: Eksplorasi sumber pendapatan alternatif, seperti iklan afiliasi, sponsor, atau penjualan produk digital.
  • Optimalkan jenis iklan lainnya: Pastikan jenis iklan lain di situs web atau aplikasi Anda dioptimalkan untuk kinerja terbaik.
  • Bereksperimen dengan format iklan baru: Cobalah format iklan baru, seperti iklan responsif atau iklan in-feed, untuk melihat mana yang paling efektif.
  • Pantau kinerja: Lacak kinerja jenis iklan baru dan sesuaikan strategi Anda sesuai kebutuhan.

Tips untuk Pengiklan

Pengiklan yang ingin terus menjangkau audiens target mereka dapat mempertimbangkan tips berikut:

  • Beralih ke jenis iklan lain: Eksplorasi jenis iklan lain yang tersedia di AdSense, seperti iklan gambar atau iklan video.
  • Gunakan penargetan yang tepat: Pastikan iklan Anda ditargetkan ke audiens yang relevan untuk meningkatkan peluang konversi.
  • Buat iklan yang menarik: Buat iklan yang menarik perhatian dan mendorong pengguna untuk mengklik.
  • Uji dan optimalkan: Uji berbagai jenis iklan dan pesan untuk melihat mana yang paling efektif.

Kesimpulan

Penghapusan iklan teks / link dari Google AdSense adalah perubahan signifikan yang akan berdampak pada penerbit dan pengiklan. Penerbit perlu menyesuaikan strategi monetisasi mereka, sementara pengiklan perlu mencari alternatif untuk jenis iklan ini. Dengan mendiversifikasi sumber pendapatan, mengoptimalkan jenis iklan lainnya, dan bereksperimen dengan format iklan baru, penerbit dapat meminimalkan dampak penghapusan ini. Pengiklan, di sisi lain, dapat terus menjangkau audiens target mereka dengan menggunakan jenis iklan lain dan menerapkan praktik terbaik periklanan.

Tanya Jawab tentang Penghapusan Resmi Jenis Iklan Teks/Tautan AdSense

Apa yang dimaksud dengan penghapusan jenis iklan teks/tautan AdSense?

Penghapusan jenis iklan teks/tautan AdSense adalah penghentian jenis iklan yang menampilkan teks atau tautan saja tanpa gambar atau media lain. Jenis iklan ini sebelumnya dikenal sebagai "iklan teks" atau "iklan tautan".

Kapan penghapusan jenis iklan teks/tautan AdSense akan diberlakukan?

Penghapusan jenis iklan teks/tautan AdSense akan diberlakukan secara bertahap mulai 10 Oktober 2023. Semua jenis iklan teks/tautan yang tersisa akan dihapus pada 30 Juni 2024.

Mengapa jenis iklan teks/tautan AdSense dihapus?

Jenis iklan teks/tautan dihapus karena beberapa alasan:

  • Pengalaman pengguna yang lebih baik: Jenis iklan ini dapat mengganggu pengalaman pengguna dengan menghalangi konten dan mengganggu alur baca.
  • Kinerja yang lebih rendah: Jenis iklan ini umumnya berkinerja lebih buruk dibandingkan jenis iklan lainnya, seperti iklan responsif dan iklan gambar.
  • Persaingan yang semakin ketat: Ada persaingan yang semakin ketat di pasar periklanan online, dan jenis iklan teks/tautan tidak lagi seefektif sebelumnya.

Apa jenis iklan yang direkomendasikan sebagai pengganti jenis iklan teks/tautan?

Google merekomendasikan penggunaan jenis iklan responsif sebagai pengganti jenis iklan teks/tautan. Iklan responsif secara otomatis menyesuaikan ukuran, format, dan tampilannya agar sesuai dengan ruang iklan yang tersedia, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan kinerja yang lebih tinggi.

Bagaimana cara mengganti jenis iklan teks/tautan dengan jenis iklan responsif?

Anda dapat mengganti jenis iklan teks/tautan dengan jenis iklan responsif dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun AdSense Anda.
  2. Klik "Iklan".
  3. Klik "Unit iklan".
  4. Pilih unit iklan yang berisi jenis iklan teks/tautan.
  5. Klik "Edit".
  6. Di bagian "Jenis iklan", pilih "Responsif".
  7. Klik "Simpan".

Apa yang terjadi jika saya masih memiliki jenis iklan teks/tautan setelah 30 Juni 2024?

Jika Anda masih memiliki jenis iklan teks/tautan setelah 30 Juni 2024, iklan tersebut akan dihapus secara otomatis. Anda disarankan untuk mengganti semua jenis iklan teks/tautan dengan jenis iklan responsif sebelum tanggal tersebut.

Apakah ada pengecualian terhadap penghapusan jenis iklan teks/tautan?

Ya, ada beberapa pengecualian terhadap penghapusan jenis iklan teks/tautan:

  • Iklan yang ditampilkan di situs yang dioptimalkan untuk perangkat seluler.
  • Iklan yang ditampilkan di aplikasi seluler.
  • Iklan yang ditampilkan di situs yang berfokus pada teks, seperti kamus atau ensiklopedia.

Apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki pertanyaan atau masalah terkait penghapusan jenis iklan teks/tautan?

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait penghapusan jenis iklan teks/tautan, Anda dapat menghubungi tim dukungan AdSense melalui Pusat Bantuan AdSense atau forum komunitas AdSense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *